5 Mar 2012

Cara Tepat Stimulasi Perkembangan Anak :

Ada beberapa cara dalam menstimulasikan perkembangan anak ditinjau dari segi umur, diantara sebagai berikut:
A.   Anak umur 12 – 18 Bulan :
 Perkembangan anak : Berjalan sendiri tidak jatuh , mengambil benda kecil dengan jari dan telunjuk, mengungkapkan keinginan secara sederhana, minum sendiri dari gelas tidak tumpah.
Stimulasi dini : Melatih anak naik turun tangga, bermain dengan anak melempar dan menangkap bola besar kemudian kecil, melatih anak menunjuk dan menyebut nama-nama bagian tubuh, memberi kesempatan anak melepas pakaian sendiri.
B.   Anak umur 18 – 24 Bulan :
Perkembangan anak : Berjalan mundur 5 langkah, mencoret-coret dengan alat tulis ,menunjuk bagian tubuh dan menyebut namanya, meniru melakukan pekerjaan rumah tangga.
Stimulasi dini : Melatih anak berdiri dengan satu kaki, mengajari anak menggambar bulatan,garis segi tiga dan gambar wajah, melatih anak mengikuti perintah sederhana, melatih anak mau ditinggalkan ibunya sementara waktu.
C.  Anak umur 2 – 3 tahun :
Perkembangan anak : berdiri dengan satu kaki tanpa berpegangan sedikitnya 2 hitungan, meniru membuat garis lurus,menyatakan keinginan sedikitnya dengan 2 kata, melepas pakaian sendiri.
Stimulasi dini : Melatih anak melompat dengan satu kaki, mengajak anak bermain menyusun dan menumpuk balok,melatih  anak mengenal bentuk dan warna ,melatih anak mencuci tangan dan kaki serta mengeringkan sendiri.
D.   Anak umur 3-4 tahun :
Perkembangan anak : berjalan jinjit, Menggunting dan membuat buku cerita dng gambar, mengenal bentuk dan warna, mengenal sopan santun,berterima kasih dan mencium tangan.
E.   Anak umur 4-5 tahun :
Perkembangan anak : Melompat dengan satu kaki, dapat mengkancingkan baju, bercerita sederhana, mencuci tangan sendiri.
Stimulasi dini : Biarkan anak melakukan permainan ketangkasan dan kelincahan, bantu belajar menggambar, mengerti satu dan separuh dengan cara membagi kue/kertas, melatih untuk sandiri,misal bermain ke tetangga.
F.  Anak umur 5 – 6 tahun :
Perkembangan anak : menangkap bola kasti pada jarak satu meter, membuat gambar segi empat,mengenal angka dan huruf.

No comments:

Post a Comment